Minggu, 07 April 2013

Materi Kelas 1 Semester 1

SIKAP HORMAT DAN MEMBERI SALAM A. Sikap Hormat Sikap hormat adalah sikap terpuji yang menunjukan kerendahan hati. Sikap hormat dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti namakkara (namaskara), anjali, berdiri dan cara-cara lainnya. Dalam hubungan dengan sikap hormat ini, si pelakulah yang akan mendapat manfaat. Sikap anjali merupakan cara memberikan salam yang umum, seperti halnya berjabat tangan. Anjali Anjali adalah sikap hormat dengan cara merangkapkan kedua telapak tangan di depan dada, membentuk seperti kuncup bunga teratai. Anjali berarti cara atau sikap menghormat.
Cara ini dipergunakan untuk menghormat orang atau sesuatu yang pantas dihormati. Orang yang pantas dihormati adalah: Bhikkhu, orang tua, guru dan orang yang lebih tua. Sesuatu yang pantas dihormati yaiu: simbul-simbul dalam agama Buddha (Buddharupang di altar) Namaskara Namaskara adalah sikap menghormat dengan cara bersujud. Dalam melakukan namakhara terdapat 5 (lima) titik dari bagian tubuh kita yang menyentuh lantai yaitu dahi, lutut, ujung jari-jari kaki, siku dan telapak tangan. Pertama-tama kita bersimpuh, lalu bersikap Anjali, kemudian dalam pikiran kita berkata “Aku bersujud kepada Sang Buddha”. lalu tangan kita angkat setinggi dahi, turunkan di depan dada ; lalu bersujud / bernamakhara. Setelah bersujud kembali bersikap Anjali. Bersujud yang kedua dalam pikiran kita berkata “Aku bersujud kepada Dhamma”. lalu tangan kita angkat setinggi dahi, turunkan di depan dada ; lalu bersujud / bernamakhara. Setelah bersujud kembali bersikap Anjali. Bersujud yang ketiga dalam pikiran kita berkata “Aku bersujud kepada Dhamma”. lalu tangan kita angkat setinggi dahi, turunkan di depan dada ; lalu bersujud / bernamakhara. Setelah bersujud kembali bersikap Anjali. Selanjutnya ucapkan dalam hati “semoga semua makhluk berbahagia” B. Salam Buddhis Semua agama memiliki salam sendiri-sendiri, umat Buddha memberikan salam dengan cara bersikap anjali sambil mengucapkan Namo Buddhaya dan disambut dengan cara yang sama yaitu anjali dan menjawab dengan Namo Buddhaya. Namo Buddhaya artinya berarti Terpujilah Sang Buddha. Kita harus bersungguh-sungguh dalam mengucapkan Salam Namo Buddhaya. Pikiran yang tenang sangat baik untuk mengucapkan Namo Buddhaya. Setiap mengucapkan Namo Buddhaya kita harus bersikap Anjali. Selain namo Buddhaya kita juga dapat mengucapkan Svathi Hotu atau O Mi To Fo. Svathi hotu artinya semoga berbahagia. C. Doa. Berdoa adalah memohon, mengharap, dan memuji kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Sang Tiratana. Manfaat berdoa adalah supaya batin kita menjadi tenang dan semua yang kita inginkan terkabul Berdoa akan meningkatkan keyakinan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kepada Tiratana (Buddha, Dhamma dan Sangha) Orang yang sering berdoa wajahnya berseri-seri dan dicintai oleh banyak orang. Selesai berdoa kita mengucapkan “SADHU” sebanyak 3 (tiga) kali. Kata Sadhu berarti semoga. Dalam mengucapkan Sadhu ini kita harus dengan pikiran yang baik dan sungguh-sungguh. Dalam berdoa kita tidak boleh bergurau atau bermain-main Kita harus menjaga ketenangan dan penuh keyakinan Keberhasilan doa tergantung dari keyakinan kita masing-masing. Doa Anak Doa Bangun Pagi Sikap : duduk di tempat tidur, tangan bersikap Anjali “Terpujilah Sang Buddha Guruku Yang Maha Sempurna, Semoga hari ini aku menjadi anak yang baik, agar ayah, ibu dan semua saudaraku berbahagia. Semoga aku bisa berbuat baik dan kelak menjadi anak yang pintar. Semoga semua makhluk berbahagia. Sadhu …. Sadhu ….. Sadhu Doa Sebelum Tidur Sikap : duduk di tempat tidur, tangan bersikap anjali “Terpujilah Sang Buddha Guruku Yang Maha Sempurna. Hari ini aku telah berbuat kebaikan Kupersembahkan kebaikkanku ini Kepada semua makhluk, Agar mereka semua berbahagia. Semoga aku tidur dengan nyenyak Semoga Sang Buddha, Dhamma dan Sangha melindungiku Sadhu…. Sadhu ….. Sadhu. Doa Sebelum Makan Sikap : duduk di kursi, sebelum makan, tangan bersikap Anjali “Terpujilah Sang Buddha, Guruku Yang Maha Sempurna Aku berbahagia menerima makanan ini Terima kasih ayah, terima kasih ibu. Semoga makanan ini membuat aku sehat dan kuat Sehingga aku bisa berbuat banyak kebaikan Semoga semua anak-anak dimanapun juga, Memperoleh makanan yang sehat Semoga mereka semua berbahagia Sadhu….. Sadhu….. Sadhu Doa Sebelum Belajar Sikap : duduk di kursi belajar, letakkan buku dimeja, tangan bersikap anjali “Terpujilah Sang Buddha, Guruku Yang Maha Sempurna Semoga aku dapat belajar dengan baik, Supaya menjadi anak yang pandai. Semoga aku dapat mencapai cita-citaku Semoga Sang Buddha membimbingku. Sadhu … Sadhu …. Sadhu. Latihan soal: 1. Memberi hormat dengan merangkapkan kedua telapak tangan di dada disebut… 2. Untuk menghormat Sang Buddha di hadapan altar kita…. 3. Setiap kita bertemu umat Buddha kita beranjali dengan mengucapkan…. 4. Kata sadhu berarti… 5. Sebelum dan sesudah makan kita harus… TEMPAT IBADAH AGAMA BUDDHA A. Tempat Ibadah Umat Buddha Tempat Ibadah umat Buddha disebut Vihara atau Cetya Vihara ukurannya lebih besar, luas dan sarananya lengkap, sedangkan Cetya lebih kecil dan sederhana, tetapi keduanya sama-sama tem pat umat Buddha melaksanakan Puja Bakti. Dalam suatu Vihara terdapat bangunan Kuti, Dhammasala dan Uposathagara Kuti adalah tempat tinggal para bhikkhu/bhikshu, samanera dan samaneri Dhammasala adalah tempat membabarkan ajaran Sang Buddha, tempat melaksanakan puja bakti, tempat meditasi atau sembahyang. Uposatha gara: adalah tempat penabisan bhikkhu Di Vihara terdapat kegiatan Sekolah Minggu, Meditasi, Baca Paritta, diskusi Dhamma, dan lain-lain. Jika berada di dalam Vihara kita harus : § Menjaga ketenangan, § Bersikap sopan § Berbicara yang benar § Tidak makan dan minum di dalam vihara, § Tidak bermain dan bercanda. § Melepaskan sandal atau sepatu § Tidak mengenakan Topi § Berpakaian bersih dan sopan Bila kita memasuki Vihara atau Cetiya kita bernamakhara atau bersujud sebanyak tiga kali untuk menghormat kepada Buddha, Dhamma dan Sangha. Cetiya tidak mempunyai Kuti, Umat Buddha sembahyang atau melakukan puja bakti menghadap ke ALTAR Altar adalah meja sembahyang Altar berfungsi untuk meletakkan sarana kebaktian Di Altar terdapat Rupang Buddha, Bunga, Hio atau Dupa, Lilin, Air dan juga buah-buahan. Air melambangkan kesucian dan sikap rendah hati Bunga melambangkan ketidakkekalan, Dupa melambangkan kebaj ikan Buah-buahan melambangkan hasil perbuatan, yang menanam kebaikan memetik kebahagiaan, yang menanam kejahatan akan memetik penderitaan. Lilin melambangkan penerangan Rupang Buddha adalah Simbol manusia suci dan sempurna. Di depan Altar kita melakukan penghormatan dengan bersujud atau bernamakhara Dalam mempersembahkan sarana kebaktian kita harus bersikap tulus dan disertai pikiran yang baik Di Vihara atau di Cetiya kita membaca Paritta, Sutra atau Mantra. Paritta berarti perlindungan Orang yang sering membaca paritta dapat terhidar dari bahaya dan bencana Dalam membaca paritta ki ta bersikap Anjali Ketenangan pikiran akan kita peroleh jika kita sering membaca Paritta Paritta dapat kita baca pada waktu pagi hari, siang hari atau malam hari. Untuk menyatakan pujian dan penghormatan kepada Sang Buddha kita membacakan paritta VANDANA. Vandana berarti penghormatan Dalam membacakan paritta vandana kita bersikap Anjali Paritta Vandana : Namo Tassa Bhagavato Arahato Sammasambuddhassa (tiga kali) Artinya : Terpujilah Sang Bhagava, Yang Maha Suci, Yang Telah Mencapai Penerangan Sempurna ( tiga kali) B. Rohaniawan Agama Buddha Rohaniawan agama Buddha d ibedakan menjadi 2 yaitu: 1. Rohaniawan yang meninggalkan rumah tangga Bhikkhu, bhikkhuni, samanera dan samaneri. Bhikkhu adalah seorang laki-laki, bhikkhuni adalah seorang perempuan, samanera adalah calon bhikkhu dan samaneri adalah calon bhikkhuni. Bhikkhu, bhikkhuni, samanera dan samaneri hidupnya sangat sederhana, mereka tidak berkeluarga tidak memiliki anak atau istri mereka selalu melaksanakan dhamma dan sila agar batin menjadi tenang dan bahagia. 2. Rohaniawan agama buddha yang berkeluarga disebut Pandita. Pandita hidup seperti kita, memiliki keluarga, memiliki istri dan anak. Seorang pandita memiliki tugas seperti bhikkhu yaitu memberikan ceramah dhamma kepada umat Buddha. Sebutan untuk umat Buddha laki-laki adalah upasakha sedang sebutan untuk umat Buddha perempuan adalah upasikha. C. Kitab Suci Agama Buddha Ajaran Sang Buddha dihimpun dalam kitab suci Agama Buddha yang dikenal dengan nama Tipitaka. Tipitaka berisi ajaran Sang Buddha, sebagai pedoman untuk mencapai hidup bahagia Kitab suci Tipitaka ditulis pertama kali kira-kira 400 tahun setelah Sang Buddha wafat di atas daun lontar, Tipitaka ditulis dengan bahasa pali, seperti yang biasa kita baca dalam paritta suci Tipitaka artinya tiga keranjang atau kumpulan yaitu: 1. Vinaya pitaka berisi peraturan para bhikkhu dan bhikkhuni 2. Sutta pitaka berisi ajaran Sang Buddha 3. Abhidhamma pitaka berisi tentang Ilmu metafisika Buddha D. Hari Raya Agama Buddha Umat Buddha memiliki 4 (empat) hari besar yang setiap tahun selalu dirayakan yaitu : Hari raya Magha puja Hari raya Asadha Hari raya Waisak Hari raya Kathina Hari Raya Magga Puja Hari Raya Magga Puja , umumnya jatuh pada purnama sidhi di bulan Februari, memperingati berkumpulnya 1250 Arahat yang diberkahi 4 faktor yaitu: semua berkumpul tanpa pemberitahuan dahulu, semua arahat dan memiliki kekuatan batin luar biasa, semua ditahbiskan oleh sang Buddha sendiri, dan Sang Buddha menyampaikan “Ovada Patimokkha” atau Inti Ajaran Buddha yang berbunyi Jangan berbuat jahat, tambahlah kebajikan, sucikan hati dan pikiran Hari Raya Waisak Hari Raya Waisak disebut juga hari Tri Suci Waisak, hari raya waisak pada umumnya jatuh pada buan Mei pada saat bulan purnama sidhi, memperingati 3 (tiga) peristiwa penting yang dialami Sang Buddha yaitu : Kelahiran Pangeran Sidh arta di Taman Lumbini Pertapa Sidharta menjadi Buddha di Buddha Gaya (Hutan Gaya) Sang Buddha meninggal dunia di Kusinara Hari raya waisak di rayakan oleh umat Buddha diseluruh dunia. Hari raya waisak disebut juga hari Buddha Hari raya Asadha Hari raya Asadha, umumnya jatuh pada bulan Juli, memperingati saat pertama kali Sang Buddha memberikan khotbah Dhamma kepda lima orang pertapa yaitu: Kondana, Vappa, Bhaddiya, Mahanama dan Assaji di taman Rusa Isipatana. Khotbah Pertama Sang Buddha yaitu Dhammacakkapavattana Sutta yang artinya khotbah pemutaran rodha dhamma. Hari raya Asadha disebut juga hari Dhamma. Hari raya Kathina Hari raya Kathina umumnya jatuh pada buan Oktober, memperingati selesainya musim hujan, dan menandakan berakhirnya masa assa bagi para bhikkhu. Pada hari raya khatina umat Buddha persembahan dana kepada Sangha atau bhikku yang meliputi empat kebutuhan pokok yaitu: obat-obatan, tempat tinggal, makanan dan jubah. Sangha adalah perkumpulan para bhikku (murid-murid Sang Buddha yang meninggalkan hidup berkeluarga) Hari raya khatina disebut juga hari Sangha. Lagu Buddhis Bulan Asadha Bulan Asadha purnama sidhi Ditaman rusa isipatana Buddha menurunkan ajarannya Kepada lima orang pertapa Berbahagia kita semuanya Yang mengenal ajaran Sang Buddha Hari Kathina Marilah kita bersama menyambut hari Kathina Hari persembahan jubah kepada anggota Sangha Sang Buddha Guru kita, Dhammanya maha mulia Serta maha sempurna untuk slama-lamanya. E. Guru Agung Umat Buddha Guru Agung umat Buddha adalah Buddha Sakyamuni. Beliau berasal dari suku Sakya di India. Buddha Sakyamuni memiliki sifat welas asih kepada semua makhluk. Buddha Sakyamuni guru para dewa dan manusia. Sebelum menjadi Buddha beliau adalah anak seorang raja terkernal bernama Sudhodana, yang memerintah kerajaan bernama Kapilawastu. Beliau menjadi Buddha karena ingin menolong semua makhluk agar terbeas dari penderitaan. Buddha Sakyamuni kadang juga disebut Buddha G otama karena Beliau lahir dari keluarga bermarga Gotama. SIMBUL-SI MBUL AGAMA BUDDHA A. Budha Rupang 1. Budha rupang disebut juga pratima Buddha atau patung buddha. 2. Budha rupang memilki arti yang menunjukkan rasa hormat dan terima kasih kepada Buddha guru agung kita. 3. Menghormat kepada Budha Rupang tidak sama dengan menyembah patung Buddha. 4. Penghormatan kepada Buddha Rupang lambang dari perbuatan kita dalam mencontoh perilaku Sang Buddha. 5. Buddha Rupang juga menjadi pusat konsentrasi dalam meditasi B. Panji Buddhis 1. Panji Buddhis disebut juga bendera buddhis. 2. Panji Buddhis terdiri dari enam warna 3. Lima warna panji Buddhis menunjukkan aura Buddha. 4. Aura adalah sinar yang memancar dari tubuh Budha. 5. Setiap warna panji budhis mempunyai arti. 6. Enam warna panji Buddhis yaitu : warna biru,kuning,merah,putih,oranye. dan gabungan kelima warna 7. Warna biru melambangkan bhakti. 8. Warna kuning melambangkan kebijaksanaan 9. Warna merah melambangkan cinta kasih 10. Warna putih melambangkan kesucian 11. Warna oranye melambangkan semangat. C. Stupa 1. Stupa adalah sebuah bangunan yang berbentuk seperti genta 2. Genta berbentuk seperti lonceng 3. Stupa melambangkan penghormatan pada orang – orang suci yang telah meninggal. 4. Orang suci contohnya Sang Buddha 5. Stupa digunakan untuk menempatkan benda- benda suci. 6. Stupa melambangkan empat unsur tubuh manusia yaitu : tanah, air, api, dan udara. 7. Puncak dari bangunan stupa disebut joti. 8. Joti artinya cahaya yang maha suci Buddha Gotama. 9. Diatas stupa terdapat benda yang meruncing ke atas. 10. Bentuk yang meruncing keatas itu melambangkan konsentrasi pikiran yang terus terpusat. D. Cakra 1. Cakra disebut juga roda dhamma. 2. Cakra adalah suatu bentuk lingkaran dengan delapan jari-jari. 3. Cakra melambangkan jalan utama berunsur delapan. 4. Jalan utama berunsur delapan itu terdiri dari : a. Pengertian benar b. Pikiran benar c Ucapan benar d. Perbuatan benar e. Mata pencaharian benar f. Usaha benar g. Perhatian benar h. Konsentrasi benar E. Swastika 1. Swastika berasal dari bahasa sansekerta 2. Swastika terdiri dari tiga kata yaitu: a. SU berarati baik b. ASTI berarti ada c. KA berarti pembentuk kata benda. 3. Jadi swastika berarti keadaan yang indah 4. Swastika adalah lambang doa keselamatan. 5. Swastika dipandang suci oleh umat budha 6. Swastika melambangkan asal mula kehidupan 7. Swastika berbentuk bangun segi dengan empat hurup “L” dalam kedudukan bujur sangkar. 8. Dalam kitab weda, swastika berarti kebahagiaan. D. Cakra 1. Cakra disebut juga roda dhamma. 2. Cakra adalah suatu bentuk lingkaran dengan delapan jari-jari. 3. Cakra melambangkan jalan utama berunsur delapan. 4. Jalan utama berunsur delapan itu terdiri dari : a. Pengertian benar b. Pikiran benar c Ucapan benar d. Perbuatan benar e. Mata pencaharian benar f. Usaha benar g. Perhatian benar h. Konsentrasi benar E. Swastika 1. Swastika berasal dari bahasa sansekerta 2. Swastika terdiri dari tiga kata yaitu: a. SU berarati baik b. ASTI berarti ada c. KA berarti pembentuk kata benda. 3. Jadi swastika berarti keadaan yang indah 4. Swastika adalah lambang doa keselamatan. 5. Swastika dipandang suci oleh umat budha 6. Swastika melambangkan asal mula kehidupan 7. Swastika berbentuk bangun segi dengan empat hurup “L” dalam kedudukan bujur sangkar. 8. Dalam kitab weda, swastika berarti kebahagiaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar